Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Tetap Semangat Dengan Lupus

Tetap Semangat Dengan Lupus. HARI Lupus Sedunia yg jatuh pada 10 Mei kembali diperingati. Tema kali ini adl Call 4 help. Dengan tema itu, berharap dapat memanggil, meminta, dan mengajak buat menyuarakan membantu odapus (penderita lupus). PADA acara bincang-bincang yg diadakan di Aula Perpustakaan Nasional, Jakarta, beberapa waktu lalu, Yayasan Lupus Indonesia (YLI) mengungkapkan saat ini jumlah odapus mencapai 8.500 orang. "Jumlah itu akan terus bertambah sejalan dengan kegiatan penyuluhan dan penyebarluasan informasi mengenai lupus," Ketua YLI Tiara Savitri Spd. Namun YLI meyakini jumlah itu hanyalah iceberg syndrome. Jika pada 1998 tercatat hanya 586 odapus, ternyata 2005 telah mencapai 6.578 odapus. Mereka yg meninggal mencapai sekitar 100 orang. Pada 2008, 8.693 odapus dan 43 odapus meninggal. Hingga April 2009, tercatat 8.891 odapus dan 15 meninggal. Prof dr Zubairi Djeorban SpD KHOM mengatakan pada 1980-an angka kematian odapus mencapai 70% hingga 75%. "Namun, kini penyakit yg disebut penyakit seribu wajah itu, angka kematiannya menurun dan menjadi sekitar 5%," katanya. Tiara menilai sampai saat ini lupus belum dikenal sebagai suatu masalah kesehatan penting oleh masyarakat, tenaga medis, dan pemerintah. "Penyakit lupus belum terlalu populer jika dibandingkan dengan penyakit jantung, kanker, dan HIV/AIDS. Masih banyak orang belum mengetahui penyakit lupus."

Lupus atau systemic lupus erythematosus (SLE) merupakan penyakit kronis dan dikenal sebagai penyakit autoimun. Lupus disebut juga sebagai great imitator atau penyakit seribu wajah sebab menyerupai penyakit lain. Zubairi mengatakan pada penderita lupus, produksi antibodi seharusnya normal justru berlebihan. Antibodinya bukan lagi berfungsi menyerang virus, kuman, dan bakteri yg terdapat dlm tubuh. "Justru antibodinya menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri," katanya. Apa penyebab lupus? Sampai sekarang kalangan medis belum mengetahui secara pasti. "Lupus juga bukan penyakit yg disebabkan virus dan bukan penyakit menular. Namun faktor genetis, hormon, dan lingkungan diduga sebagai penyebab lupus," katanya. Untuk mengenali lupus sangat sulit. Pasalnya tak ada gejala khusus pada orang yg terkena lupus. Tetapi biasanya terdapat gejala awal yg dialami saat lupus mulai bersemayam dlm tubuh.

Dokter dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Aida Lydia SpD-KGH, mengatakan gejalanya di antaranya sakit pada sendi atau tulang, demam berkepanjangan, sering merasa cepat lelah, ruam pada kulit, anemia, gangguan ginjal, sakit pada dada, dan bercak merah pada wajah yg berbentuk seperti kupu-kupu.

Tetap Semangat Dengan Lupus Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Deri Dahuri.