Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Finlandia Teliti Penyebab Kanker Testis

Finlandia Teliti Penyebab Kanker Testis. MELALUI penelitian terbaru, peneliti mengambinghitamkan kuantitas sperma sebagai penyebab meningkatnya kasus kanker, khususnya kanker testis. Para peneliti mengaitkannya dengan faktor lingkungan termasuk gambaran bahan kimia. Para peneliti dari University of Turku di Finlandia memeriksa tiga kelompok laki-laki yg lahir antara 1979 dan 1987 dan menemukan bahwa mereka yg lahir di akhir 1980-an memiliki jumlah sperma lebih sedikit daripada mereka yg lahir pada awal dekade, menurut laporan BBC, Sabtu (5/3). Tetapi mereka belum yakin apakah ini disebabkan faktor genetis atau sebab terkena bahan kimia berbahaya. Selain itu, para peneliti juga mengamati bahwa jumlah kasus kanker testis pada laki-laki lahir sekitar tahun 1980 lebih tinggi jika dibandingkan dengan laki-laki yg lahir sekitar 1950.

"Kecenderungan ini terjadi secara simultan dan cepat ini menunjukkan bahwa penyebab dari faktor lingkungan sebenarnya dapat dicegah," kata pemimpin peneliti Profesor Jorma Toppari. "Para ilmuwan selama ini merasa khawatir tentang kemungkinan bahwa pria muda menghasilkan sperma dlm jumlah lebih sedikit jika dibandingkan dengan nenek moyang mereka atau kakek mereka di usia yg sama," kata Allan Pacey, pakar andrologi di Universitas Sheffield. "Fakta bahwa jumlah sperma semakin sedikit seiring dengan waktu tecermin pada meningkatnya kasus kanker testis di Finlandia. Kami menengarai ini disebabkan faktor lingkungan," katanya. "Teori terbaik buat menjelaskan hal ini yakni gambaran zat kimia dari makanan atau benda-benda sekitar yg memengaruhi perkembangan testis bayi laki-laki di dlm rahim," tambahnya. Studi ini telah dipublikasikan pada International Journal of Andrology edisi Maret 2011. (Pri/OL-06)

Finlandia Teliti Penyebab Kanker Testis Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Prita Daneswari.