Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Fitosterol Turunkan Kolesterol

Fitosterol Turunkan Kolesterol. FITOSTEROL, yg dikenal juga dengan sterol tumbuhan, merupakan molekul mirip kolesterol yg dijumpai pada tumbuhan. Dari segi struktur fitosterol hanya berbeda sedikit dengan kolesterol hewan. Tetapi fungsinya jauh berbeda. Fitosterol berfungsi buat mencegah terjadinya atherosclerosis (penimbunan lemak dlm pembuluh darah). Atherosclerosis merupakan pemicu penyakit jantung. Fitosterol baik bagi kesehatan Fitosterol sangat berbeda dengan kolesterol hewan. Kadar kolesterol hewan yg tinggi dapat meningkatkan kolesterol darah. Peningkatan kolesterol ini dapat memicu pembentukan atherosklerosis dan penyakit jantung. Sedangkan, fitosterol hanya diserap dlm jumlah minimum dari usus halus. Dengan begitu, fitosterol tak akan masuk ke dlm aliran darah. Disamping itu, fitosterol juga berfungsi menghentikan dan memperlambat penyerapan kolesterol dari diet serta kolesterol yg diproduksi hati. Apakah fitosterol benar-benar menurunkan kadar kolesterol?

Banyak studi yg telah dilakukan buat melihat kemampuan fitosterol dlm menurunkan kolesterol. Beberapa studi menemukan kalau 2 gram fitosterol per hari dapat menurunkan kadar lemak jahat (low-density lipoproteins/LDL) hingga 10%. Jumlah ini setara dengan 1 sendok teh ekstrak fitosterol. Dalam studi yg dilakukan di East Tennessee State University, para peneliti meminta 16 partisipan buat mengkonsumsi fitosterol dan placebo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan mengalami penurunan total kolesterol sebanyak 5% dan penurunan kadar kolesterol jahat LDL sebanyak 4% setelah mengkonsumsi fitosterol dlm jumlah sedang selama 4 minggu. Selain itu, kadar trigliserida juga menurun sebesar 9% dan kolesetrol baik HDL meningkat 4%. Dalam studi lainnya, para partisipan diminta buat mengkonsumsi 2.6 gram fitosterol per hari selama 12 minggu. Hasilnya, total kolesterol partisian berkurang 3.5% dan kadar LDL menurun sebesar 5%. Selain itu, efek penurunan kolesterol dari fitosterol sudah dapat dilihat hanya dlm 1 atau 2 minggu. Fitosterol dapat ditemukan dlm bentuk suplemen atau asli dari makanan. Tetapi, beberapa pakar menemukan kalau fitosterol dlm bentuk suplemen mungkin tak efektif menurunkan kolesterol jika tak diproses dengan benar dari pabrik. Tetapi, fitosterol yg ditemukan dlm makanan pasti aktif secara biologi. Karena itu, akan berfungsi buat menurunkan kolesterol. Untuk mendapatkan fitosterol aktif, Anda dapat mengkonsumsi makanan seperti kedelai, biji-bijian kompleks, kacang-kacangan, buah-buahan, kacang polong dan sayur-sayuran.

Fitosterol Turunkan Kolesterol Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Ikarowina Tarigan.