Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Obat Penenang Picu Ketergantungan

Obat Penenang Picu Ketergantungan. OBAT penenang berpotensi memicu ketergantungan sebab mempengaruhi otak dengan cara yg sama seperti heroin dan ganja. Peneliti dari Switzerland dan Amerika menemukan bahwa obat-obat benzodiazepine, seperti Valium dan Xanax, mengeluarkan efek menenangkan dengan cara menguatkan aktivitas neurotransmitter. Proses ini selanjutnya akan mengaktifkan hormon kepuasan dopamine di otak. Cara kerja ini sama dengan beberapa jenis obat terlarang. Temuan ini, terang peneliti, diharapkan dapat membantu pengembangan benzodiazepines generasi baru yg tak menyebabkan ketergantungan. Valium merupakan hasil produksi Roche. Penenang yg dikenal dengan nama umum diazepam ini merupakan obat dari kelas benzodiazepine yg paling dikenal dan diresepkan di National Health Service (NHS).

Valium dan Ativan inilah yg juga ditemukan dlm darah bintang pop Amerika Michael Jackson saat meninggal Juni tahun lalu. Studi yg dipublikasikan di jurnal Nature ini menemukan bahwa benzodiazepines bekerja dengan cara mengikat bagian tertentu dari neurotransmitter bernama gamma-aminobutyric acid. "Temuan ini menunjukkan bahwa pengembangan benzodiazepines serupa tapi mengikat bagian lain dapat menawarkan kegunaan yg sama tanpa efek samping kecanduan," terang peneliti seperti dikutip situs dailymail.com. Sebuah studi lain yg dipublikasikan awal bulan ini menemukan bahwa orang-orang dengan kadar dopamine tinggi di otak cenderung mudah ketergantungan.

Perusahaan-perusahaan obat telah beberapa kali berusaha mengembangkan benzodiazepines generasi baru tanpa efek samping. Tapi sejauh ini, upaya tersebut belum menunjukkan hasil yg memuaskan. (IK/OL-08)

Obat Penenang Picu Ketergantungan Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Ikarowina Tarigan.