Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Diet Ketogenik Cocok Untuk Penyembuhan Epilepsi

Diet Ketogenik Cocok Untuk Penyembuhan Epilepsi. EPILEPSI atau ayan adl penyakit saraf menahun yg menimbulkan serangan mendadak berulang-ulang tak beralasan. Penyakit ini menyerang syaraf otak sehingga efektivitasnya berlebih dan penderitanya mengalami kesulitan buat berfikir. Aada diet yg cocok buat penderita epilepsi, sebutannya adl diet ketogenik. Penyakit epilepsi merupakan gejala yg dapat menimpa siapa saja baik itu anak-anak atau orang dewasa. Bahaya utama dari penyakit ini bukanlah sifatnya yg menular, melainkan waktu kekambuhannya yg tak dapat diduga yg tak hanya dapat mencederai penderitanya sendiri, tapi juga orang-orang di sekitarnya. Contohnya saja dlm kecelakaan yg melukai 43 jiwa saat kegiatan jalan santai bersama Megawati Soekarno Putri dlm rangka perayaan Bulan Bung Karno, Minggu (20/6). Saat itu, seorang sopir yg menderita epilepsi mengalami kekambuhan sehingga tak dapat mengemudikan kendaraannya dengan baik. Karena epilepsinya kambuh, kakinya pun terasa kaku sehingga bukannya menginjak pedal rem, ia malah menginjak gas. Akibatnya,sebanyak 43 peserta acara itu terserempet, bahkan ada yg hingga kini masih dlm keadaan koma. Selain itu, ada pula kejadian epilepsi yg dialami tewasnya seorang perempuan di Surabaya. Diduga, perempuan bernama Nur Aini tersebut mengalami kekambuhan epilepsi saat sedang buang air kecil di sebuah selokan besar. Saat epilepsinya kambuh, Nur kehilangan keseimbangan lalu terjatuh ke selokan tersebut.

Meski begitu, epilepsi tidaklah identik dengan keterbelakangan mental. Bahkan beberapa orang ternama juga menderita penyakit ini, sebut saja Isaac Newton, Agatha Christie, Julius Cesar, dan Napoleon Bonaparte. Epilepsi dapat disembuhkan dengan beberapa obat seperti carbamazepine, carbatrol, clobazam, dan clonazepam yg terlebih dahulu mesti dikonsultasikan ke dokter. Atau, dapat juga dengan cara diet ketogenik. Diet tinggi lemak Ini merupakan metode diet tinggi lemak, tapi rendah karbohidrat. Diet ini biasanya digunakan buat penyembuhan epilepsi pada anak yg umumnya sulit dengan obat-obatan. Diet ketogenik biasanya digunakan sebagai terapi epilepsi. Melalui diet ketogenik, lemak menjadi sumber energi dan keton terakumulasi di dlm otak sehingga menjadi tinggi kadarnya (ketosis). Keadaan ketosis ini dipercaya dapat menghasilkan efek antikonvulsi, yg dapat mengurangi simptom epilepsi dengan mengurangi frekuensi dan derajat kejang, meskipun bagaimana mekanisme biokimia peristiwa ini belum diketahui dengan pasti. Para penganut diet ini, dianjurkan banyak memakan makanan yg memiliki lemak tinggi, seperti: daging. Sebaliknya, makanan yg tinggi akan karbohidrat, seperti roti, tepung, nasi, gandum, dan sereal haruslah dibatasi. Pada anak-anak diet ini dirasakan lebih efektif dibandingkan orang dewasa, khususnya pada saat obat antikolvusan tak bekerja secara efektif atau menjadi kontraindikasi.(Pri/OL-06)

Diet Ketogenik Cocok Untuk Penyembuhan Epilepsi Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Prita Daneswari.