Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Hedgehog Atasi Kanker Stadium Lanjut

Hedgehog Atasi Kanker Stadium Lanjut. PENELITIAN menemukan, pengidap kanker kulit dan kanker otak yg sudah tak dapat ditangani lagi dengan metode pengobatan yg tersedia, mengalami perbaikan setelah ditangani dengan obat baru yg dikenal dengan nama hedgehog inhibitor. Menurut peneliti, hedgehog merupakan molekul yg memberikan sinyal dan memicu proses pertumbuhan pada masa pembentukan embrio dan masa anak-anak. Selanjutnya tubuh akan menonaktifkan secara alami hedgehog setelah dewasa. Jika tak dinonaktifkan, maka hedgehog akan memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Beberapa jenis kanker, lanjut peneliti lagi, sangat bergantung pada hedgehog. Salah satunya adl sel basal karsinoma, jenis kanker kulit yg paling umum dijumpai. Meskipun jenis kanker ini dapat ditangani dengan operasi di stadium awal, tetapi kanker yg sudah mengalami metastasi belum mempunyai pengobatan baku dan biasanya berakibat fatal dlm waktu singkat. Bisakah hedgehog inhibitor (dengan nama GDC-0449 yg dikembangkan oleh Genentech) melawan kanker? Dalam studi yg dpublikasikan di The New England Journal of Medicine, Daniel D. Von Hoff, MD, dari Scottsdale Healthcare dan teman-temannya memberikan obat ini kepada 33 pasien pengidap kanker kulit yg sudah tak mungkin lagi menjalani operasi. "Respon rata-rata sebesar 55%, dengan respon yg begitu kuat sebesar 50% pada 18 pasien dengan penyakit yg sudah mengalami metastasi," tutur salah satu peneliti dari University of Michigan Andrzej A. Dlugosz, MD, seperti dikutip situs webmd. Menurut Dlugosz, hanya 4 pasien yg terus mengalami perkembangan kanker selama 10 bulan masa studi. Selain itu, efek samping yg dihasilkan juga sangat sedikit.

Studi lain yg dipublikasikan di jurnal yg sama juga menemukan hal yg senada. Dalam studi ini, peneliti dari John Hopkins, Charles M. Rudin, MD, PhD, dan teman-temannya melakukan pengujian GDC-0449 pada pengidap kanker otak, medulloblastoma. Medulloblastoma, terang Rudin, merupakan jenis kanker pada bagian cerebellum. Kanker ini biasanya menyerang anak yg berusia 5 tahun, tetapi dapat juga menyerang dewasa muda. Dalam studi mereka, Rudin mengikuti perkembangan pasien laki-laki berusia 26 tahun yg telah berjuang melawan penyakit ini selama 4 tahun. Menurut Rudin, sebagian besar pasien biasanya meninggal akibat kanker ini dlm waktu kurang dari 6 bulan. Pasien ini telah bertahan setelah menjalani operasi, terapi radiasi, dan kemoterapi. Akan tetapi, hasil scan saat akan diobati dengn GDC-0449 menunjukkan bahwa sel-sel kankernya sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh. Setelah 2 bulan pengobatan hasil scan menunjukkan adanya pengurangan jumlah tumor yg sangat signifikan. Selain itu, pasien juga melaporkan mengalami pengurangan rasa sakit. Dia bahkan mengalami penambahan berat badan. Sayangnya, terang Rudin, kanker menjadi resisten dengan GDC-0449 dlm waktu 3 bulan. Kanker kembali menyebar ke seluruh tubuh dan pasien tersebut meninggal dua bulan kemudian.

Hasil kedua studi ini, menurut Dlugosz, menunjukkan pengobatan kanker yg menjanjikan. GDC-0449, terang dia, kemungkinan akan dikombinasikan dengan operasi dan penanganan lainnya. (OL-08)

Hedgehog Atasi Kanker Stadium Lanjut Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Ikarowina Tarigan.