Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Terapi Kelompok Redakan Stres

Terapi Kelompok Redakan Stres. MANUSIA diciptakan sebagai makluk sosial dan inilah yg mendasari mengapa seseorang yg sedang dilanda stres tak perlu sendirian. Cobalah mengikuti terapi kelompok. Sesuai dengan namanya, sistem terapi psikologis ini dilakukan dengan sekelompok orang dlm satu sesi, bukan satu per satu. Apa kegunaan terapi ini? Terapi kelompok sangat bermanfaat dlm menumbuhkan kesadaran bahwa Anda tak sendirian. Masih ada orang lain di sekitar Anda yg mengalami masalah yg sama. Hal ini seringkali menjadi obat pelega bagi orang yg sedang stres atau selalu panik sebab merasa sendiri. Selain itu, terapi ini dapat membantu Anda mengembangkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Kelompok kecil ini dapat menjadi gambaran masyarakat secara umum dan belajar bersosialisasi dengan anggota kelompok tersebut dapat membantu Anda membangun hubungan di luar kelompok. Selain itu, anggota kelompok yg mempunyai masalah sama juga dapat saling mendukung, bahkan mungkin dapat menawarkan saran berkaitan dengan masalah yg Anda alami. Pada tahap awal, mungkin Anda merasa canggung membeberkan masalah Anda di depan kelompok apalagi jika Anda introvert. Akan tetapi, fakta bahwa mereka juga mengalami situasi yg sama akan membuat Anda lebih terbuka dlm mendiskusikan masalah pribadi Anda. Dan yg terpenting, apa pun yg dibicarakan dlm setiap sesi akan tetap menjadi rahasia terapis dan anggota kelompok saja.

Bagaimana prosesnya? Setiap sesi terapi mungkin akan berbeda-beda. Tapi pada prinsipnya, Anda beserta sekelompok kecil pasien lainnya akan berkumpul dan mendiskusikan perasaan dan masalah masing-masing. Sesi ini akan dipandu oleh seorang terapis profesional yg khusus dilatih buat terapi kelompok. Terapis akan bertindak sebagai moderator dan menyarankan tema atau topik yg akan didiskusikan oleh anggota kelompok. Kadang-kadang, terapis akan membiarkan Anda atau anggota kelompok lain buat menentukan topik yg hendak dibicarakan. Ketika menjadi bagian dari sebuah kelompok, Anda akan terdorong buat mengubah perilaku dan menjadi lebih produktif. Pada umumnya, anggota akan menghabiskan sejumlah besar waktu buat saling berinteraksi dan berdiskusi. Para anggota juga dapat melakukan aktivitas khusus, seperti menemukan dan melepaskan akar segala ketakutan dan kecemasan. Siapa saja yg dapat mengikuti terapi? Terapi kelompok akan bermanfaat bagi siapa saja yg memerlukan penanganan kesehatan mental. Sama seperti terapi individu, terapi kelompok juga berdampak positif bagi orang-orang yg mengalami kondisi seperti kecemasan, panik, depresi, gangguan keluarga, ketergantungan, dan sejenisnya. Anda tertarik? Cobalah berkonsultasi dengan seorang psikolog. Ia tentu dapat membantu Anda mendapatkan tempat dan teman yg tepat buat memulai terapi kelompok. (OL-08)

Terapi Kelompok Redakan Stres Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Ikarowina Tarigan.