Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Colon Cleansing, Mencuci Sumber Penyakit

Colon Cleansing, Mencuci Sumber Penyakit. Hari kemenangan dirayakan, aneka hidangan khas Lebaran seperti opor ayam, rendang, sambal goreng ati, sayur labu hingga aneka kue-kue kering yg nikmat sebut saja nastar dan kue kacang. Belum lagi makanan yg digoreng seperti kacang mede, kacang tanah goreng, kerupuk, emping melinjo hingga bermacam-macam makanan sudah masuk kedalam perut kita beberapa hari ini. Rugi memang ketika kita melewati Idul Fitri tanpa makanan-makanan tersebut, namun sadarkah Anda banyaknya penyakit yg mengintai pasca lebaran?, misalnya saja diare, batuk dan radang tenggorokan, maag, hipertensi, diabetes hingga penyakit jantung tak jarang di derita oleh mereka yg tak mengatur pola makan ketika Lebaran. Tak heran bila banyak puskesmas, klinik hingga rumah sakit terlihat ramai didatangi pasien. Mereka datang ke tempat pemeriksaan kesehtan tersebut dengan berbagai keluhan. Tubuh manusia di desain buat melakukan pembersihan dan menyembuhkan diri sendiri melalui proses detoksifikasi. Proses ini merupakan mekanisme harian otomatis yg dilakukan oleh organ-organ yg bertugas melakukan detoksifikasi seperti hati (lever) dengan mengeluarkan racun dlm bentuk urin, keringat, hingga tinja.
Meskipun detoksifikasi sudah dilakukan didalam tubuh, Anda dapat mengantisipasi penyakit yg dapat saja muncul. Pernah mendengar kalimat yg berbunyi "Death begins in the colon."? Istilah yg dipopulerkan Elie Metchnikoff yg merupakan pemenang Nobel Biologi ini memang benar adanya. Sumber dari segala penyakit berada di dlm usus kita, hal ini diakui oleh palar kesehatan di seluruh dunia. Dipercaya 80% dari penyakit yg timbul dari timbunan toksin berpangkal dari dlm perut kita.
Sebelum mengalami gejala penyakit, sebaiknya Anda melakukan colon cleansing. Tujuannya tak lain melindungi diri Anda terhadap serangan berbagai macam penyakit. Salah satunya adl dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur. "Dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur, serat yg yang terkandung di dlm buah atau sayur tadi akan dapat memperlancar saluran pembuangan," ujar dr Samuel Oetoro, M. S., SpGK, spesialis gizi dari Rumah Sakit Siloam, Jakarta.
Menurut Samuel, sebagian besar masyarakat salah mengartikan colon cleansing ini sebagai detoksifikasi, padahal detoksifikasi dlm tubuh sudah dilakukan oleh liver.

Untuk melakukan colon cleansing sendiri, Samuel menyarankan buat makan makanan dengan konsep gizi yg seimbang disertai dengan mengonsumsi buah dan sayur. Banyak yg merekomendasikan hal ini hingga seminggu, namun Samuel menyarankan colon cleansing cukup dilakukan 1-2 hari saja. "Pembersihan di dlm usus cukup dilakukan sekitar 1-2 hari, sebab jika lebih dari itu metabolisme tubuh akan menurun dan dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas," tambah Samuel.
Terapi colon cleansing dapat dilakukan dengan menghindari makanan yg mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Biasanya terapi dengan cara ini dilakukan dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran mentah. Untuk melakukan colon cleansing ini, Anda dapat mengonsumsi buah dan sayuran apapun. "pada dasarnya semua jenis buah dan sayur baik, jadi apapun jenisnya tak masalah. Asalkan jangan durian, sebab kandungan alkoholnya tinggi" ujar Samuel. Namun, Anda dapat memilih buah atau sayuran yg mengandung banyak air dan merupakan sumber antioksidan tinggi seperti semangka, melon, anggur, tomat, wortel, brokoli, kacang kedelai, buncis dan selada air. Terapi ini terkadang juga digunakan bagi mereka yg ingin mengurangi berat badan, namun risikonya Anda akan merasa sangat lemas sebab jumlah kalori yg merupakan sumber energi tak mencukupi.
Jangan lupa buat minum air yg cukup agar tak dehidrasi, namun jangan berlebihan. "Terlalu banyak minum air akan membebani kerja ginjal," ujar Samuel. Ia juga mengatakan terlalu banyak mengonsumsi air tak baik bagi penderita hipertensi, sebab air tersebut akan masuk kedalam pembuluih darah. "ada satu jenis terapi yg dikatakan sebagai detoksifikasi air, namun saya tak setuju sebab efek samping yg ditimbulkan lebih berat ketimbang manfaatnya," ujarnya.

Colon Cleansing, Mencuci Sumber Penyakit Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Purwanti.