Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Sehatkah Makan Dengan Tangan?

Sehatkah Makan Dengan Tangan?. SEHATKAH makan dengan menggunakan tangan? Mungkin banyak orang yg berpikir bahwa makan dengan tangan tidaklah baik alias jorok. Namun makan dengan menggunakan sendok dan garpu juga belum tentu lebih bersih. Tangan diciptakan oleh Tuhan dengan banyak fungsi kegunaannya, seperti buat menulis, menggambar, mengetik, mengangkat sesuatu dan masih banyak lagi. Disamping itu, tangan juga dapat digunakan oleh manusia buat makan. Namun, banyak pertanyaan yg muncul apakah makan dengan menggunakan tangan itu baik atau sebaliknya buruk? Banyak penelitian mengungkapkan bahwa makan dengan menggunakan tangan adl tak baik, alias jorok. Salah satu penelitian yg dilakukan oleh Dr Charles Gerba dari University of Arizona , mengatakan bahwa kita tak mungkin menghalangi kuman dan bakteri masuk ke dlm lingkungan kita. Namun kita dapat memerangi kuman dengan cara mencuci tangan setiap selesai beraktivitas. Menurutnya, di semua sudut rumah terdapat kuman. Mesin cuci, tempat cuci piring, karpet, tempat tidur, lemari es, ranjang adl tempat-tempat di rumah yg banyak disarangi oleh kuman. Dengan seperti itu, dapat dikatakan bahwa makan dengan menggunakan tangan sangat tak baik dan tentunya tak sehat buat tubuh.

Namun banyak kalangan yg bertentangan dengan hal tersebut. Kita kenal banyak budaya di seluruh penjuru bumi ini. Salah satunya adl budaya makan. Di negara barat baik di Amerika dan Eropa, mereka memiliki budaya makan dengan menggunakan sendok dan garpu. Di negeri dengan penduduk terpadat di dunia China , budaya makan di sana kita kenal dengan menggunakan sumpit sebagai alat makan mereka. Namun buat di asia yg memiliki budaya melayu, mereka memiliki budaya makan dengan menggunakan tangan. Lalu, apakah dengan menggunakan tangan itu lantas membuat tubuh menjadi mudah sakit akibat banyaknya kuman yg masuk ke dlm tubuh? Kisah Sang Raja Adakah alasan rasional yg dapat diterima akal sehat? Kita semua tak tahu darimana budaya ini berasal. Namun, ada sebuah cerita menarik yg dituturkan dlm buku “Chersonese – The Guilding Off” oleh Emilly Innes. Dalam buku tersebut diceritakan bahwa ada suatu perjamuan makan yg diadakan oleh seorang pejabat dari negeri kerajaan Inggris. Dalam perjamuannya, pejabat tersebut mengundang salah seorang temannya yg merupakan Raja dari negara yg memiliki budaya melayu. Seperti biasa, acara menyantap hidangan adl salah satu bagian dari acara tersebut. Di saat acara makan-makan di mulai, Raja dari negara melayu tersebut berdiri dan segera membasuh tangannya dengan air.

Tanpa menghiraukan orang lain yg semuanya menggunakan sendok dan garpu, beliau dengan lahap menyuap makanan ke dlm mulutnya menggunakan tangan. Dengan perilaku tersebut, lantas teman raja tersebut bertanya: “Kenapa anda makan dengan tangan? Bukankah menggunakan sendok dan garpu itu lebih bersih dan lebih sopan?”

Sehatkah Makan Dengan Tangan? Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , .