Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Penurunan Kadar Testosteron Ganggu Tidur

Penurunan Kadar Testosteron Ganggu Tidur. HORMON testosteron tak hanya memengaruhi dorongan seksual tetapi juga turut menentukan kualitas tidur. Penurunan jumlah hormon seks testosteron, menurut temuan peneliti dari Kanada, akan memicu gangguan tidur. Saat lelaki memasuki usia 30, terang peneliti, kadar testosteron mereka akan turun sebanyak satu hingga dua persen per tahun. Dan saat memasuki usia 40, kualitas tidur lelaki juga mulai menurun. Peneliti mengungkap adanya hubungan antara penurunan kadar testosteron dengan pengurangan durasi dan kualitas tidur. Penurunan kualitas sperma ini, menurut peneliti dari University of Montreal's Department of Psychology, Zoran Sekerovic, sangat berkaitan dengan kualitas tidur lelaki berusia di atas 50, khususnya tidur dlm (deep sleep). "Pada lelaki muda, deep sleep mewakili 10 hingga 20 persen dari tidur total. Pada usia 50, menurun menjadi lima hingga tujuh persen. Sedang pada lelaki usia 60, deep sleep dapat menghilang," papar Sekerovic, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Senin (17/5).

Seiring penuaan, terang Sekerovic, akan ada saraf yg hilang dan sinkronisasi aktivitas otak tak sebagus sebelumnya. Hal ini, terang dia, akan menyebabkan hilangnya deep sleep. Hilangnya tidur dlm ini, lanjut Sekerovic, dapat ditangani dengan testesteron."Cara ini akan menghasilkan perbaikan signifikan." Akan tetapi, terang dia lagi, terapi hormon juga mempunyai efek samping. Karena itu, sangat penting buat memahami mekanisme penyebab hilangnya deep sleep. Sekerovic menerangkan bahwa penurunan kadar testosteron memengaruhi tidur. Tapi berdasarkan temuan studi, lanjut dia, hal ini tak berlaku sebaliknya. (IK/OL-5)

Penurunan Kadar Testosteron Ganggu Tidur Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Ikarowina Tarigan.