Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Bandingkan Gaji Berpotensi Sebabkan Depresi

Bandingkan Gaji Berpotensi Sebabkan Depresi. MENURUT penelitian terbaru, membanding-bandingkan pendapatan dengan anggota keluarga ataupun rekan kerja Anda ternyata dapat menyebabkan kesedihan. Peneliti dari Paris School of Economics menggunakan data dari Survei Sosial Eropa dengan 19.000 partisipan di 24 negara. Ditemukan, tiga perempat dari partisipan berpendapat bahwa membandingkan gaji dengan orang lain adl hal yg penting. Dan, mereka menemukan bahwa orang yg kerap membanding-bandingkan gaji cenderung kurang bahagia. Mereka biasanya juga akan selalu merasa kekurangan, terlebih bila membandingkannya dengan sahabat atau anggota keluarga ketimbang dengan rekan kerja. Dari penelitian itu, terungkap bahwa semakin seseorang memandang bahwa perbandingan gaji itu penting, maka tingkat kepuasan dan standardisasi kehidupannya akan semakin rendah, bahkan dapat menimbulkan depresi. Membandingkan gaji dengan rekan kerja memang menyakitkan, tapi lebih menyakitkan bila membandingkannya dengan sahabat sendiri. Tak ada perbedaan antara perempuan dan pria dlm respons penelitian ini. Di sisi lain, masyarakat negara miskin ternyata lebih sering membanding-bandingkan gaji ketimbang masyarakat di negara kaya. Begitu juga ternyata orang yg miskin ternyata lebih sering membanding-bandingkan gaji ketimbang orang yg telah berkecukupan.

Sebuah artikel yg dimuat di Jurnal Economic juga menyebutkan adanya akibat jelek dari membanding-bandingkan gaji, terutama bagi yg miskin. Profesor Cary Cooper, pakar dlm bidang organisasi psikologi dan kesehatan dari Lancaster University Management School mengatakan orang yg memiliki kebiasaan seperti itu secara kontinu akan membandingkan diri mereka dlm hal apa pun dengan orang lain dan akhirnya cenderung merasa tak yakin terhadap diri sendiri. "Saran saya, jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain. Bersyukurlah atas keadaan mereka sekarang. Ingat, orang yg Anda bandingkan belum tentu lebih bahagia daripada Anda."(Pri/OL-08)

Bandingkan Gaji Berpotensi Sebabkan Depresi Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Prita Daneswari.