Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Atasi Posisi Sungsang Dengan Moxibasi

Atasi Posisi Sungsang Dengan Moxibasi. JIKA ternyata diketahui bahwa posisi si buah hati dlm kandungan ternyata sungsang, jangan keburu panik. Ada banyak cara buat mengembalikannya ke posisi normal. Di antara banyak cara, ada satu cara alternatif yakni moxibasi. Teknik pengobatan tradisional China ini ditengarai mampu segera mengatasi posisi bayi sungsang ke posisi normalnya. Terapi antik ini mengkombinasikan akupunktur dan menggunakan daun tanaman bernama mugwort (Artemesia vulgaris). Ada dua jenis moxa yakni langsung dan tak langsung. Pada moxa langsung, daun mugwort digulung membentuk kerucut yg lalu dibakar dan dicampur dengan irisan jahe yg diletakkan ke titik akupuktur.

Sementara itu, teknik moxa tak langsung biasanya lebih populer sebab tak terlalu sakit. Moxa yg digunakan adl moxa batang. Moxa yg berukuran seperti cerutu dibakar dan didekatkan di atas daerah atau titik akupuntur selama beberapa menit sampai daerah tersebut berubah merah. Moxibasi ini dapat menggunakan jarum akupunktur dan moxa. Caranya, jarum akupuntur dimasukkan ke titik akupuntur dan didiamkan. Kemudian ujung jarum dibungkus dngan moxa dan dibakar sehingga menghasilkan panas di titik dan daerah sekitarnya. Setelah itu, moxa dipadamkan dan jarum diangkat. Saat moxa dibakar, akan tercium aromanya, yg menurut beberapa orang membuat mereka merasa lebih relaks. Minyak moxa juga memiliki khasiat penting sebagaimana dupa buat aromaterapi dan obat. Di beberapa negara lain, mugwort memiliki khasiat unik yakni mempu mengusir roh jahat. Dalam budaya antik Eropa, mugwort kerap ditaruh di bawah bantal buat mencegah seseorang mengalami mimpi buruk. Posisi normal Khusus bagi bayi dlm janin yg memiliki posisi sungsang, pada sebagian besar kehamilan, rahim perempuan sebenarnya memiliki ruang yg cukup bagi janin buat bergerak dengan nyaman dan mengubah-ubah posisinya. Pada minggu ke-36 kehamilan, posisi janin biasanya berubah dengan posisi kepala di bawah yg merupakan posisi normal dan paling aman buat lahir. Bayi dengan posisi sungsang dapat menyebabkan komplikasi saat persalinan sehingga seringkali terpaksa dilakukan operasi caesar. Dengan begitu, secara otomatis, selain meningkatkan risiko pada ibu, biaya persalinan pun akan bertambah.

Di sinilah diperlukan peran teknik moksibasi guna memperbaiki posisi sungsang. Tekni ini dilakukan dengan metode akupunktur di titik BL-67 yg berada di kedia kaki. Moksibasi dilakukan selama 15 menit sekali sehari selama lima hari. Kemuadian, dlm beberapa hari, kondisi bayi akan terus dipantau apakah sudah ada perubahan. Bila belum ada, maka pengobatan akan terus dilakukan hingga 5 hari selanjutnya.

Atasi Posisi Sungsang Dengan Moxibasi Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Prita Daneswari.