Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Olahraga Otak Cegah Hilang Ingatan

Olahraga Otak Cegah Hilang Ingatan. TIDAK hanya tubuh yg perlu olahraga agar tetap fit. Tapi, otak juga sama. Agar daya ingat tetap tajam, otak harus terus dilatih sepanjang hidup. Berdasarkan hasil studi terbaru, melakukan aktivitas yg melibatkan otak seperti membaca atau bahkan merajut dapat mencegah hilang ingatan. Studi menemukan, membaca majalah, menjahit bed cover, serta aktivitas sosial di usia pertengahan dapat menurunkan risiko mengalami hilang ingatan di usia 70 atau 80-an hingga lebih dari 1/3-nya."Dan, walaupun usia Anda sudah mencapai 70 atau 80, tak ada kata terlambat buat melatih otak," ujar Peneliti Yonas Geda, MD, seorang neuropsychiatrist dari Mayo Clinic di Rochester, Minn, seperti yg dikutip situs webmd. Di usia lanjut, terang Geda, aktivitas seperti bermain games, membuat kerajinan, akan menurunkan kemungkinan mengalami hilang ingatan hingga 1/3-nya. Aktivitas yg melibatkan komputer, lanjut Geda, bahkan lebih protektif pada orang yg berusia 70-an atau 80-an, aktivitas ini menurunkan risiko hilang ingatan hingga 1/2-nya. Akan tetapi, studi yg dipresentasikan di pertemuan tahunan American Academy of Neurology ini memaparkan, menonton TV lebih dari 7 jam sehari, akan meningkatkan kemungkinan hilang ingatan.

Menantang otak "Aktivitas yg menantang otak akan memberikan saraf elektrik baru pada otak," terang Greg Jicha, MD,seorang pakar neurologi dari University of Kentucky di Lexington. Percobaan laboratorium, terang Jicha, menunjukkan bahwa sel-sel otak yg diletakkan bersama dlm piring petri akan membentuk ikatan dan bertahan hidup. Tapi, jika diletakkan hanya satu sel, sel tersebut akan mati. Aktivitas seperti membaca, bermain game, serta aktivitas lainnya dapat menstimulus sel-sel otak buat saling berkaitan dan tumbuh dengan baik. Menurut Jicha, aktivitas-aktivitas baru juga akan sangat menguntungkan."Jangan hanya melakukan hal-hal yg sudah biasa dilakukan." Dalam studi tersebut peneliti melibatkan 197 orang yg mengalami gangguan kognitif ringan atau terdiagnosa mengalami hilang ingatan dan 1.124 orang yg tak mengalami masalah gangguan ingatan. Partisipan di dua kelompok ini mempunyai rentang usia yg sama antara 70 dan 89 tahun.

Semua partisipan dimintai keterangan mengenai aktivitas sehari-hari mereka di tahun sebelumnya dan di usia pertengahan, saat mereka berusia antara 50-65 tahun.

Olahraga Otak Cegah Hilang Ingatan Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Ikarowina Tarigan.