Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Makanan Diet Pengidap Diabetes

Makanan Diet Pengidap Diabetes. MENURUNNYA sensitivitas sel-sel tubuh terhadap aktivitas insulin dan kurangnya hormon insulin yg diproduksi pankreas membuat pengidap diabetes memiliki kadar gula darah yg lebih tinggi dari normal. Mengonsumsi makanan pun harus merasa bersalah atau harus selektif. Untuk itulah para pengidap diabetes dianjurkan buat mengontrol diet. Makanan apa sajakah yg aman dikonsumsi? Makanan apa yg tepat? Berdasarkan panduan yg dikeluarkan Asosiasi Diabetes Amerika (American Diabetes Association/ADA), pengidap diabetes dianjurkan buat mengonsumsi makanan yg mengandung karbohidrat dari whole grain, buah-buahan, sayuran, serta susu rendah lemak. Selain itu, dianjurkan kalau 60-70% dari asupan kalori sebaiknya berasal dari karbohidrat dan lemak tunggal tak jenuh (canola oil, minyak zaitun dan minyak kacang, alpukat dan kacang-kacangan), dan 15-20% asupan kalori dari protein. Di samping itu disarankan membatasi asupan kolesterol, yaitu kurang dari 300 miligram dan meminimalkan asupan lemak trans. Berikut beberapa makanan lain yg dianjurkan: Oat. Oat mengandung serat larut dlm air ang berfungsi memperlambat penyerapan gula ke dlm darah serta mengurangi kolesterol darah. Peningkatan kadar kolesterol merupakan salah satu faktor risiko penyebab diabetes.

Kacang polong, buncis dan kacang panjang. Makanan ini kaya serat larut dan meningkatkan kadar gula darah secara perlahan. Selain itu, jenis kacang-kacangan ini dapat menjadi sumber karbohidrat, protein dan serat yg baik. Apel, pir, aprikot, cherries, grepefruit (sejenis jeruk besar dengan rasa yg agak pahit), jeruk, buah persik dan plum. Jenis buah-buahan ini menyediakan serat larut dan melepaskan gula ke aliran darah secara perlahan. Buah ini dapat menjadi pilihan kudapan yg baik bagi pengidap diabetes. Pasta, ubi jalar, dan roti gandum. Jenis makanan ini melepaskan energi secara perlahan serta dapat menjadi sumber karbohidrat yg baik bagi pengidap diabetes. Roti whole grain, beras merah, pasta whole meal dan sarapan whole grain. Semua makanan ini kaya serat tak larut. Selain itu, makanan ini juga mengandung seng dan chromium yg berfungsi menguatkan kerja insulin.

Yogurt rendah lemak dan susu skim. Kedua produk ini mengandung kadar lemak jenuh dan kadar lemak total yg sangat rendah. Produk ni juga menyediakan karbohidrat, protein dan kalsium.

Makanan Diet Pengidap Diabetes Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Ikarowina Tarigan.