Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Kolesterol Darah Diatur Oleh Otak

Kolesterol Darah Diatur Oleh Otak. KADAR kolesterol dlm aliran darah sebagian ternyata ditentukan oleh otak. Penemuan itu mematahkan anggapan umum bahwa kadar kolesterol ditentukan jenis makanan yg kita konsumsi serta produksi kolesterol di hati. Hasil penelitian yg dimuat dlm Jurnal Nature Neiroscience menunjukkan bahwa otak memiliki peran sebagai pengendali jauh (remote control) peredaran kolesterol di tubuh kita. Jika kadar kolesterol dlm tubuh terlalu banyak, dapat menyebabkan pengerasan arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Penelitian oleh sekelompok ilmuwan AS dari Universitas Cincinnati menemukan bahwa peningkatan jumlah hormon ghrelin pada tikus dapat mempertinggi tingkat peredaran kolesterol dlm darah. Peningkatan itu disebabkan sinyal dari otak mendorong hati buat mengurangi penghantaran kolesterol. Diketahui, ghrelin menghambat peran reseptor di otak dlm mengatur asupan makanan dan penggunaan energi. Dalam penelitian yg berbeda, mereka juga menemukan bahwa memblokir reseptor ini juga meningkatkan kadar kolestrol dlm darah. Para peneliti menyatakan penemuan ini mesti diterapkan kepada manusia sebab berpotensi menjadi cara baru buat mengendalikan kadar kolesterol dlm tubuh.

Fotini Rozakeas, perawat penyakit jantung di Yayasan Jantung Inggris mengatakan, "Penelitian ini menarik. Untuk pertama kalinya diketahui bahwa kadar kolesterol dlm darah dapat dikontrol oleh sinyal yg dikirimkan dari otak ke lever, tempat kolesterol terbentuk." Ia menambahkan, "Hal ini dapat menjadi bentuk pengobatan baru bagi orang yg memiliki masalah dengan jantung ataupun peredaran darahnya." Namun, ia menekankan akan dibutuhkan lebih banyak peneliti buat merealisasikan hal tersebut hingga dianggap sempurna. "Untuk sementara, kita mesti mengurangi jumlah lemak jenuh dlm makanan kita, beraktivitas fisik secara teratur, dan jika perlu mengonsumsi obat seperti statin guna menjaga kadar kolesterol," urainya.(Pri/OL-06)

Kolesterol Darah Diatur Oleh Otak Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Prita Daneswari.