Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Teknik Relaksasi Untuk Redakan Insomnia

Teknik Relaksasi Untuk Redakan Insomnia. RILEKS merupakan salah satu kunci tidur nyenyak. Akan tetapi merilekskan pikiran, khususnya bagi penderita insomnia, tak semudah mengucapkan. Meskipun begitu, bukan berarti tak bisa. Anda dapat mencoba teknik relaksasi yg dianjurkan Joyce Walsleben, PhD dari New York University School of Medicine dan hipnoterapis Kathy Doner, MD dari Florida. Menurut Walsleben, teknik-teknik ini akan lebih efektif jika dilakukan tepat sebelum tidur. Ada baiknya dilakukan di tempat yg tenang dan nyaman. Berikut beberapa teknik dari Walsleben yg dapat Anda coba: Pernafasan perut. Cobalah bernafas dari perut dan fokuskan pikiran Anda ke setiap tarikan nafas Anda. Cara ini dapat membantu agar Anda tetap tenang, baik siang maupun malam hari. Untuk memaksimalkan hasil, Anda dapat mencoba teknik ini dlm ruangan temaram, dengan menutup mata atau mendengarkan musik lembut sambil memusatkan perhatian ke setiap tarikan nafas. Sambil duduk atau berbaring di tempat tidur, cobalah meletakkan tangan Anda di perut."Saat menarik dan menghembuskan nafas, tangan akan bergerak perlahan," tutur Doner. Dengan fokus pada gerakan ini, terang Doner, Anda dapat mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran ke tubuh Anda. Anda dapat menarik dan menempatkan diri pada satu situasi yg berbeda.

Gambaran indah. Membayangkan situasi yg membuat Anda rileks merupakan salah satu teknik pilihan. Tidak ada aturan khusus mengenai gambaran yg Anda pilih, yg penting dapat membuat Anda nyaman. Meskipun awan, laut dan gunung merupakan pilihan yg umum digunakan, Anda tetap dapat fokus pada hal-hal lain yg Anda sukai. "Ada pasien yg suka menggambarkan kantornya, membersihkan dan merapikan semua yg ada di meja kerja sebelum akhirnya tertidur," terang Walsleben, seperti dikutip situs health.com. Ada juga yg membayangkan sedang meniup balon sabun. Mereka melihat diri mereka memasukkan tongkat kecil ke dlm kotak sabun, memandangi gelembung memenuhi halaman, hingga akhirnya air sabunnya habis." Pilihlah tempat yg nyaman menurut Anda. Kemudian gunakan imajinasi Anda, gunakan semua indera buat melihat dan merasakan hal yg Anda bayangkan."Otak kadang-kadang tak tahu perbedaan antara bayangan dan kenyataan," tutur Doner. Meditasi pikiran. Sebelum tidur, cobalah fokus pada setiap aspek dlm hidup Anda. Fokuskan pikiran pada satu permasalah, kemudian cobalah melepaskan pikiran tersebut. Lakukan juga pada pikiran yg lain. Anda akan lebih tenang setelah melepaskan semua beban pikiran yg memenuhi kepala Anda.

Anda dapat mencoba dengan menulis. Sediakan waktu 15 menit dan tuliskan semua pikiran yg ada di kepala. Kemudian gunakan 15 menit berikutnya buat memikirkan dan menulis langkah-langkah yg perlu dilakukan buat mengatasi masalah Anda. Teknik ini, terang Walsleben, ada baiknya dilakukan di siang hari. Dengan begitu, pikiran Anda akan jauh lebih tenang saat hendak tidur di malam hari.

Teknik Relaksasi Untuk Redakan Insomnia Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Ikarowina Tarigan.

Artikel Kesehatan Makanan Sehat