Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Diet Sesuai Golongan Darah

Diet Sesuai Golongan Darah. GOLONGAN darah berkaitan erat dengan makanan yg kita konsumsi. Menurut dr. Peter Dadamo, penulis buku Eat Right For Your Type, akan terjadi reaksi kimia antara darah dengan makanan yg Anda makan. Reaksi ini merupakan bagian dari warisan genetik Anda. Reaksi ini dipicu oleh adanya lectin. Lectin merupakan sejumlah protein berbeda yg terdapat pada makanan Anda. Lectin mengandung zat perekat (aglutinin) yg dapat mempengaruhi darah. Jadi, saat Anda mengkonsumsi makanan yg mengandung protein leptin yg tak sesuai dengan tipe antigen darah Anda, lectin akan menyerang organ atau sistem tubuh dan mulai merekatkan sel-sel tubuh di area tersebut. Untungnya, sebagian besar lectin yg terdapat pada makanan tak membahayakan bagi kehidupan. Tetapi, tetap dapat menimbulkan berbagai masalah, khususnya jika lectin tersebut khusus buat jenis darah tertentu. Sebagian besar sistem kekebalan tubuh akan melindungi Anda dari lectin. Menurut Dadamo, seperti yg dikutip situs drlam.com, sekitar 95% lectin yg diserap akan dilemahkan oleh tubuh. Tetapi, paling tak 5% dari lectin yg Anda makan akan disaring ke dlm aliran darah dan menimbulkan reaksi yg berbeda di setiap organ yg berbeda. Anda dapat mengatasi ini dengan menyesuaikan golongan darah dengan makanan yg Anda makan. Diet golongan darah dapat mengembalikan ritme alami tubuh Anda. Anda dapat mengikuti diet yg telah secara ilmiah disusun sesuai dengan profil seluler tubuh Anda. Setiap kelompok makanan dibagi menjadi 3 kategori yaitu, makanan yg sangat bermanfaat (makanan yg berperan sebagai obat), makanan yg diijinkan (makanan yg tak membahayakan bagi jenis golongan darah), dan makanan yg tak diijinkan (makanan yg bertindak sebagai racun).

Untuk memilih makanan yg paling tepat, berikut 4 diet berdasarkan golongan darah yg dapat menjadi panduan Anda: Golongan darah O Golongan darah O menikmati olahraga fisik yg intense dan protein hewan. Berbeda dengan golongan darah lainnya, golongan darah O sebaiknya hanya mengkonsumsi sedikit makanan yg bersifat asam. Jenis golongan darah ini dapat mencerna dan memetabolisme daging secara efisien sebab mereka cenderung mempunyai kadar asam lambung yg tinggi. Kesuksesan diet golongan darah O bergantung pada penggunaan daging tanpa lemak dan bebas zat kimia, unggas, serta ikan. Produk-produk susu tak terlalu bersahabat bagi golongan darah O jika dibandingkan dengan golongan darah lainnya. Golongan darah O, dapat menurunkan berat badan dengan cara membatasi konsumsi biji-bijian, roti, kacang polong, dan kedelai. Faktor utama pemicu pertambahan berat badan bagi golongan darah ini adl gluten yg terdapat pada biji gandum dan produk-produk gandum murni. Gluten ini akan mengganggu kerja insulin dan memperlambat sistem metabolisme. Selain biji gandum, faktor lain yg juga berpengaruh adl kedelai dan kacang polong. Makanan ini mengandung lectin yg akan tertumpuk di jaringan-jaringan tubuh dan membuat area tersebut kurang berfungsi dlm aktivitas fisik. Faktor ketiga penyebab penambahan berat badan adl kesamaan mempunyai kadar hormon tiroid yg rendah atau fungsi tiroid yg tak stabil. Hal ini dapat menimbulkan masalah-masalah metabolisme. Karena itu, ada baiknya menghindari makanan yg menghambat hormon tiroid seperti kol dan kol bunga, tapi meningkatkan produksi hormon dengan mengkonsumsi rumput laut, makanan laut, serta garam beryodium.

Beberapa kelompok sayuran dapat menimbulkan masalah besar bagi golongan darah O, seperti Brassica family (kol dan kol bunga) dapat menghambat fungsi tiroid. Perbanyak konsumsi sayuran yg kaya vitamin K. Hal ini akan membantu faktor pengentalan darah yg lemah pada golongah darah O.

Diet Sesuai Golongan Darah Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Ikarowina Tarigan.