Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Terapi Statin Bantu Pemulihan Pascaoperasi

Terapi Statin Bantu Pemulihan Pascaoperasi. SEBUAH penelitian terbaru yg digelar ilmuwan Prancis menunjukkan bahwa terapi statin memperbesar kesempatan bertahan hidup pascaoperasi. Ini merupakan analisis pertama yg menunjukkan efek terapi statin yg dijalankan sebelum operasi berdampak pada kondisi pascaoperasi terhadap penyakit yg tergolong kronis. "Penggunaan terapi ini sebelum operasi menunjukkan adanya efek besar yakni efek perlindungan terhadap jantung. Karena kini efeknya pasca operasi telah dipahami, terapi ini dapat digunakan sebagai perlindungan bagi pasien secara global," kata ilmuwan Bruno Riou. Studi observasional pun diadakan terhadap 1.674 pasien yg menjalani operasi rekonstruksi aorta mulai Januari 2001 hingga Desember 2009. Peneliti dari Universite Pierre et Marie Curie (UPMC) dan Assistance Publique-Hopitaux de Paris di Paris, Prancis, juga telah mengembangkan hasil analisis antara pasien yg menjalani terapi statin dengan yg tidak. Mereka pun menemukan bahwa terdapat tiga kali lipat penurunan risiko kematian pada pasien yg menjalani operasi bedah vaskuler dan dua kali lipat penurunan risiko pada pasien yg menjalani operasi akibat serangan jantung.

Studi ini juga mengemukakan bahwa meski tak menurunkan risiko pneumonia, sindrom disfungsi organ, dan komplikasi lainnya akibat operasi, terapi statin mampu mengurangi risiko kematian pada pasien dengan sindrom disfungsi organ pascaoperasi dan pada mereka yg mengalami komplikasi pascaoperasi pembedahan. Penemuan ini telah dipublikasikan dlm jurnal Anestesiologi edisi Desember 2010. (Pri/OL-06)

Terapi Statin Bantu Pemulihan Pascaoperasi Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Prita Daneswari.