Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Ear Candle Bukan Langkah Aman

Ear Candle Bukan Langkah Aman. BEBERAPA pengobatan alami yg dapat dilakukan di rumah (home remedies) aman dan efektif. Sengatan lebah misalnya, dapat ditangani dengan menempel campuran tepung dan air. Akan tetapi, beberapa teknik kesehatan lainnya justru dapat mendatangkan masalah. Sebagai contoh mengangkat wax dari telinga dengan ear candling bukanlah langkah yg aman. Apa bahayanya? Berikut keterangan dari pakar buat Anda. "Cairan lilin di telinga (ear wax) merupakan pelumas alami telinga," terang Jennifer Smullen, MD, seorang pelatih otology dan laryngology dari Massachusetts Eye and Ear Infirmary di Boston." Lilin ini mencegah masuknya air ke telinga dan mempunyai pH asam sehingga dapat mencegah infeksi," tutur Smullen, seperti dikutip situs webmd.com. Mengingat kegunaan ini, terang dia, sebenarnya Anda tak perlu mengeluarkannya.

Bagaimana dengan penumpukan lilin di telinga? Meskipun jarang terjadi, lanjut Smullen, beberapa orang mengalami penumpukan lilin yg menimbulkan rasa gatal dan gangguan pendengaran. Dan produk ear candling, terang dia, dipasarkan sebagai sebuah solusi mudah bagi orang yg mengalami gangguan ini. Produk ini digunakan dengan menempatkan corong lilin lebah di dekat telinga. Lilin ini kemudian dinyalakan. Setelah sumbu habis terbakar, corong diangkat bersamaan dengan lilin telinga dan kotoran lainnya. Sayangnya, terang Smullen, menyalakan lilin di dekat telinga bukanlah hal yg mudah dan dapat berbahaya."Anda dapat kehilangan pendengaran akibat ear candling." Selain itu, terang dia, proses ini dapat membakar saluran dan gendang telinga. Daripada menggunakan api, Smullen menganjurkan Anda membersihkan kelebihan lilin dari bagian luar telinga dengan menggunakan tissue. Jika tak efektif, berkonsultasilah dengan dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan. (IK/OL-08)

Ear Candle Bukan Langkah Aman Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Ikarowina Tarigan.