Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Zat Alami Bisa Tekan Selera Makan

Zat Alami Bisa Tekan Selera Makan. PENEKAN selera makan (appetite suppressant), yg dapat membuang keinginan mengonsumsi kebab dan kudapan tinggi kalori lainnya, telah ditemukan oleh peneliti dari Inggris. Komponen yg secara alami terdapat dlm tubuh ini, menurut peneliti, dapat merintis jalan buat menemukan obat diet baru. Obat ini diharapkan dapat membantu menurunkan berat badan tanpa disertai efek samping menyulitkan. Selain itu, terang peneliti dari Manchester University, komponen ini juga dapat digunakan buat mengatasi penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan. Zat kimia yg dikenal dengan hemopressin ini bekerja memengaruhi pusat pahala/pusat kesenangan (reward centre) otak. Area otak ini menyala saat seseorang menikmati kudapan enak atau merokok. Hasil tes menunjukkan bahwa hemopressin menghambat area otak ini, sehingga mengurangi kesenangan yg diperoleh dari makanan.

Produk sintetis yg dikenal dengan Rimonabant, bekerja di otak buat mengurangi rasa lapar, telah dikebangkan enam tahun lalu dan dipasarkan sebagai obat antiobesitas. Akan tetapi, menurut para peneliti, obat ini meningkatkan risiko depresi dan pikiran bunuh diri. Karena itu, obat tersebut telah ditarik dari pasaran. Sedang hemopressin, seperti dikatakan co-author study Dr Garron Dodd, diyakini dapat menekan rasa lapar tanpa menimbulkan efek samping tersebut. Dalam tes laboratorium, menurut studi yg dipublikasikan di Journal of Neuroscience ini, tikus diberi hemopressin makan lebih sedikit. Akan tetapi, zat kimia ini tak memengaruhi perilaku. Kelompok tikus lain yg diberikan hemopressin bentuk sintetis juga mengalami penuruna jumlah konsumsi. Tapi, kelompok ini menderita efek samping seperti peningkatan aktivitas menggaruk. "Kami berencana melakukan penelitian lebih lanjut. Meskipun temuan kami mengindikasikan aman, zat kimia ini tak dapat langsung digunakan pasda manusia," terang Dodd, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Senin (5/7). (IK/X-12)

Zat Alami Bisa Tekan Selera Makan Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Ikarowina Tarigan.