Kecantikan, Obat Herbal, Harga Herbal, Obat Kesehatan, Jamu Sehat Wanita, Cara Tips Sehat, Obat Tradisional Untuk Wanita, Hidup Sehat, Tips Sehat, Makanan Sehat, Diet Sehat

Bahaya Mengorok

Bahaya Mengorok. MENGOROK bukan sekadar kebiasaan jelek yg mengganggu teman tidur. Mengorok juga dapat menyebabkan beragam penyakit berbahaya seperti sakit jantung dan stroke. Bagi Endi Bayuni, 51, mengorok saat tidur sudah menjadi bagian dari hidupnya selama bertahun-tahun. Semula, redaktur harian The Jakarta Post itu menganggapnya sebagai hal yg wajar. Ia juga tak pernah menyangka serangan kantuk di siang hari yg kerap membuatnya tertidur di tengah rapat atau bahkan saat menyetir mobil ternyata berhubungan dengan tidur mengorok yg selama ini dialaminya. Hingga akhirnya, atas saran seorang teman, Endi menjalani pemeriksaan di sebuah laboratorium tidur pada sebuah rumah sakit. Hasilnya menunjukkan kualitas tidur Endi tergolong sangat buruk. Rekaman laboratorium menunjukkan ketika tidur ia mengorok dengan disertai periode berhenti bernapas berkali-kali. Hal itu berdampak jelek pada kualitas kesehatan Endi.

Untuk mengatasinya, Endi disarankan menggunakan masker khusus yg harus digunakan saat tidur. Untuk lebih memantapkan diagnosis, Endi kemudian mencari second opinion dengan berkonsultasi pada dokter lain. ''Waktu itu saya datang ke dokter THT (spesialis telinga hidung & tenggorok). Ia menyarankan saya menjalani operasi di mulut agar tak mengorok lagi. Meski dikatakan itu operasi kecil, saya tak berani menjalaninya,'' tutur Endi. Akhirnya, Endi pun memilih penggunaan masker khusus buat mengatasi gangguan tidur yg dialaminya. Endi mengaku alat tersebut sangat bermanfaat. Selain bebas dari kebiasaan mengorok, ia tak lagi terkantuk-kantuk di siang hari. ''Awalnya memang agak repot, tapi lama-lama jadi terbiasa. Terlebih, manfaatnya sangat membantu,'' ujar Endi. Apa yg dituturkan Endi dapat jadi dialami juga oleh banyak orang lain. Mereka memiliki kebiasaan tidur mengorok dan menganggapnya sebagai sebuah kewajaran. Padahal, seperti yg dibuktikan Endi melalui pemeriksaan di laboratorium tidur, kebiasaan mengorok juga perlu diwaspadai.

''Mengorok yg perlu diwaspadai adl mengorok yg disertai periode henti napas. Dalam dunia medis, hal itu dikenal sebagai obstructive sleep apnea (OSA) dan merupakan salah satu jenis gangguan tidur yg serius,'' ujar dr Andreas Prasadja, sleep technologist dari Rumah Sakit (RS) Mitra Kemayoran Jakarta, pada kesempatan yg sama.

Bahaya Mengorok Sumber dan hak cipta MediaIndonesia.com , Penulis Eni Kartinah.